Monday, December 12, 2011

- Mengurangi Lemak Saat Memasak -

Christina Andhika Setyanti | Dini | Selasa, 11 Oktober 2011
sumber: kompas.com 

memanggang makanan bisa mengurangi lemak jahat dari minyak goreng
KOMPAS.com - Setiap wanita pasti ingin punya tubuh yang langsing, seksi dan sehat. Sehingga, banyak wanita melakukan berbagai jenis program diet dan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Ketika kita membeli makanan di luar rumah, misalnya, sulit menghindari ketika makanan tersebut menyerap banyak minyak. Hal ini disebabkan kesalahan saat mengolah masakan tersebut. Untuk Anda yang memasak sendiri di rumah, berikut beberapa cara sederhana untuk mengurangi lemak pada bahan makanan.

Gunakan peralatan masak antilengket. Peralatan masak biasa membutuhkan lebih banyak minyak untuk menumis dan menggoreng. Namun, dengan penggunaan peralatan antilengket Anda bisa menggunakan minyak rendah lemak atau minyak dalam jumlah yang lebih sedikit. Pikirkan tentang jumlah kalori lemak yang Anda hilangkan jika menggunakan minyak dari sumber-sumber hewani. Satu sendok makan minyak hewani memiliki rata-rata 100 kalori dan 14 gram lemak.

Gantilah jenis minyak goreng. Untuk mengurangi kolesterol dalam minyak sayur, ganti minyak goreng Anda dengan jenis minyak lain seperti minyak zaitun ataupun minyak nabati. Namun, tak semua jenis masakan bisa diganti dengan minyak zaitun, misalnya pada proses pembuatan kue.

Gunakan kantong kertas. Anda suka menyantap kentang goreng buatan sendiri, tapi tak suka akan kalori ekstranya? Coba saja cara berikut. Setelah selesai menggoreng, masukkan kentang goreng ke dalam kantong kertas dan kocok. Minyak akan terlihat menempel pada kantong kertas tersebut, karena kantong kertas telah menyerap minyak berlebihan pada kentang.

Selain pada kentang, Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengurangi jumlah lemak pada daging Anda. Tata saja gorengan Anda di atas kertas coklat bersih, dan biarkan beberapa saat sampai minyak lebih diserap oleh kertas tersebut.

Memanggang makanan. Makanan yang dipanggang memiliki lemak jauh lebih sedikit dibanding dengan makanan yang digoreng. Apalagi jika Anda memanggang makanan tersebut dalam keadaan menggantung. Anda bisa melihat minyak yang berlebih akan menetes ke loyang yang Anda sediakan di bawahnya.


Sumber: cooking tips

No comments:

Post a Comment

thank you for visiting